Cara Mudah Memulai Bisnis Roti Rumahan

Membangun bisnis pembuatan roti rumahan dengan skala kecil bisa menjadi opsi untuk Anda yang sedang mencari bisnis yang menguntungkan. Usaha rumahan seperti ini termasuk kedalam kategori home industri yang tidak membutuhkan modal terlampau besar dan bisa dijalankan pada lokasi dengan space terbatas cukup dengan menggunakan dapur ataupun garasi rumah usaha ini sudah bisa berjalan karena alat-alat berupa mesin yang digunakannya berukuran kecil.

Bisnis roti rumahan rumahan seperti ini juga dapat dijalankan diberbagai lokasi karena pangsa pasarnya yang cukup luas tentunya pembaca semua pasti pernah memperhatikan di kios pinggir jalan roti rumahan seperti ini dijual dengan berbagai rasa seperti coklat, moca, susu dan lain sebagainya. Roti rumahan ditawarkan dengan harga bermacam-macam dari mulai 1000 sampai 10 ribuan tergantung ukuran dan jenisnya.

Itulah hasil dari produk usaha roti rumahan kelas ukm ini, kebanyakan mereka memasarkan roti rumahannya dengan sistim titip jual, setiap hari akan ada petugas bagian datang untuk menghitung berapa roti rumahan yang laku terjual pada hari sebelumnya selain itu mereka juga menyetok kembali apabila stok roti rumahan di kiosnya mulai habis.

Cakupan pemasarannya tergantung dari skala besarnya bisnis pembuatan roti rumahan yang dikerjakan, jika daya produksi roti rumahannya masih terbatas biasanya cakupan pemasarannya hanya disekitar lokasi pembuatannya, kendaraan yang digunakan untuk berjualan pun cukup memakai kendaraan roda dua seperti motor atau sepeda.

Sementara untuk usaha pembuatan roti rumahan rumahan yang telah berskala cukup besar, cakupan penjualan mereka umumnya lebih luas karena kemampuan produksi roti rumahannya pun lebih besar, armada yang digunakan untuk penjualan biasanya dapat berupa kendaraan roda empat, usaha pembuatan roti rumahan dengan skala sebesar ini bahkan penjualannya sudah mampu mencapai luar kota.

Cara Memulai Bisnis Roti rumahan Rumahan

Tertarik dengan model bisnis semacam ini? Pertama-tama yang harus Anda persiapkan adalah keahlian atau kemahiran untuk membuatnya baik dimiliki sendiri atau dengan mempekerjakan sumberdaya yang berpengalaman dibidang pembuatan roti rumahan.

Baca juga  Perhitungan Omset dari Bisnis dan Usaha Snack Online
Sehabis itu juga mesti diberikan berbagai alat pendukung berupa mesin dan peralatan produksi lainnya, dalam menyiapkan mesin inilah yang paling memakan banyak dana usaha karena harga dari tiap mesinnya agak tinggi, diantaranya yang biasa dipakai adalah:

Mixer, yang berfungsi untuk membentuk adonan utama pembuatan roti rumahan.

Mesin Proofer atau biasa disebut lemari pengembang roti rumahan, berperan untuk mempercepat proses pengembangan adonan roti rumahan sebelum masuk oven.

Dough Divider, atau biasa disebut mesin pembagi adonan. Fungsinya adalah untuk membentuk dan membagi adonan roti rumahan agar ukurannya sama rata.

Oven, berguna untuk memanggang sebagai langkah akhir dalam pembuatan roti rumahan.

Berbagai macam alat penunjang lain juga dibutuhkan, seperti loyang, pemotong, cetakan roti rumahan dan lain lain. Harga dari tiap-tiap mesin di atas bervariasi tergantung dari jenisnya, sebagai gambaran harganya sekitar 6 jutaan hingga 15 jutaan. Sehingga jika Anda ingin secara lengkap memiliki semua mesin produksi roti rumahan ini, modal yang harus Anda persiapkan sekitar 30 hingga 50 jutaan.

Cukup besar memang modal yang dibutuhkan, namun jangan dulu berkecil hati jika dana bisnis pembuatan roti rumahan rumahan Anda tidak mencapai angka di atas. Contoh yang kami informasikan di atas cuma sebagai perkiraan biaya yang dibutuhkan untuk memiliki mesin pembuatan roti rumahan yang bagus.

Sumber : https://ramesia.com/memulai-bisnis-roti-rumahan/

 Membuat Es Krim Sederhana Rumahan dengan Beraneka Rasa


Bahan-bahan Membuat Es Krim
bahan dan Cara Membuat Es Krim

Sebelum memasuki bagaimana cara membuat es krim di rumah, terlebih dahulu kita akan mencari tahu bahan-bahan yang digunakan dalam pembuatan es krim.

Komponen atau bahan dalam pembuatan es krim itu ada banyak, dan bahan-bahan tersebut tentu memiliki fungsinya masing-masing dalam pembentukan es krim yang enak.

Bahan utama untuk membuat es krim adalah susu. Susu ini berperan besar dalam pembuatan es krim, sebab, dengan menggunakan susu, es krim yang dihasilkan lebih padat dan bisa lembut.

Selain susu, es krim juga biasanya menggunakan telur. Telur ini berguna untuk menghasilkan es krim yang lebih lembut. Kelembutan yang dihasilkan, merupakan manfaat dari kuning telur yang merupakan pengemulsi di dalam adonan.

Bahan lainnya adalah gula, seperti yang sudah kita tahu, gula ini tentu saja bermanfaat untuk memberikan rasa manis di dalam es krim.

Alat untuk Membuat Es Krim
Jika kamu ingin membuat es krim sendiri di rumah, alat yang digunakan tidaklah terlalu rumit dan sulit, memanfaatkan peralatan yang sudah ada juga bisa kok.

Peralatan yang utama tentu saja adalah freezer, alat ini tentu saja digunakan untuk mendinginkan adonan es krim agar menjadi es krim. Alat-alat lainnya yang dibutuhkan seperti mixer, baskom, sendok, spatula, dan alat-alat kecil yang tentu sudah ada di dapur.

Atau, kalau kamu tidak punya freezer misalnya, kamu bisa menggunakan cara yang tradisional kok, dengan mamakai es batu dan wadah dari logam. Caranya, tinggal kamu letakkan es batu yang dicampur dengan garam krosok dalam sebuah wadah yang besar, kemudian masukkan adonan es krim ke dalam wadah dari logam atau bisa juga plastik.

Lalu, tempat adonan es krim tinggal diputar-putar sampai adonan berubah menjadi padat dan dingin seperti es krim.

Alat lain yang bisa kamu gunakan selain beberapa yang sudah disebutkan di atas adalah mesin pembuat es krim, atau bahasa kerennya ice cream maker.

Cara Membuat Es Krim Rumahan Sederhana
Adonan Es Krim Manis

 

Setelah memelajari sedikit tentang bahan dan peralatan yang dibutuhkan untuk membuat es krim, sekarang kita belajar bagaimana cara membuatnya. Catat bahan yang dibutuhkan dan ikuti langkah-langkah yang harus dilakukan.

Bahan
Susu putih cair sebanyak 500 ml
Telur ayam yang banyaknya 2 butir
Gula pasir 200 gram saja
Coklat bubuk 3 sendok makan
Vanili bubuk secukupnya
Garam secukupnya
Cara Membuat
Pisahkan terlebih dahulu kuning telur dari putihnya, dan tempatkan di wadah yang berbeda.
Campurkan kuning telur dan gula, aduk menggunakan mixer sampai warnanya menjadi pucat dan mengembang.
Dalam wadah lain yang terdapat putih telur, campurkan vanili bubuk dan garam. Aduk menggunakan mixer sampai rata dan mengembang.
Setelah itu, campurkan adonan kuning telur dan putih telur, aduk sampai tercampur rata.
Kemudian masak adonan tersebut sampai matang lalu kecilkan api.
Siapkan wadah, campurkan susu cair dan coklat bubuk, aduk sampai rata.
Masukkan campuran susu cair dan coklat ke dalam adonan telur yang dimasak tadi, aduk sampai semua bahan menyatu dan tercampur rata.
Masak kembali sampai mendidih, kemudian angkat dan sisihkan.
Jika sudah dingin, tuangkan adonan ke dalam cup es krim, lalu masukkan ke dalam freezer, diamkan semalaman atau sampai adonan membeku.
Es krim rumahan sudah siap disajikan.
Cara Membuat Es Krim Goreng
Peluang Usaha Es Krim Goreng Enak

Ini beneran ya? Masak ada es krim digoreng sih?

Es krim goreng memang ada beneran lho, ini merupakan salah satu varian es krim yang memiliki keunikan tersendiri. Lapisan kulit luarnya renyah, dengan es krim yang lembu dan dingin di dalamnya.

Walaupun di goreng, es krim goreng tetap tidak meleleh karena dilapisi dengan roti, sehingga ketika digoreng, es krim akan terlindungi dan tetap membeku.

Dari pada penasaran, sekarang kita akan membuat es krim goreng dengan saus stroberi.

Bahan Es Krim
Tepung terigu sebanyak 50 gram yang sudah diayak terlebih dahulu
Tepung rotu sebanyak 50 gram yang sudah diayak terlebih dahulu
Es krim coklat yang banyaknya 250 gram
Roti kupas sebanyak 6 lembar
Telur ayam 1 butir
Bahan Saus Stroberi
Stroberi segar, 250 gram
Gula pasir, 50 gram
Jeruk lemon, 1 buah


Comments

Popular posts from this blog

Cara Membuat Jus Buah untuk Bayi 4 Bulan

Rahasia Peluang Usaha Grosir Minuman Kemasan yang Menjanjikan

Gurihnya Potensi Usaha Kecil Sosis Goreng Modal Minim