Mengurai Potensi Bisnis Mie Telur di Indonesia

Pengertian Bisnis
Hal yang pertama kita bahas yaitu apa itu bisnis. Pengertian bisnis merupakan kegiatan menjual barang atau jasa yang dilaksanakan oleh satu orang, sekelompok orang atau organisasi kepada masyarakat dengan maksud utamanya yaitu mendapatkan profit. Pada dasarnya, setiap orang yang mengerjakan bisnis apa saja adalah memang bertujuan untuk mendapatkan laba yang besar.

Pengertian Potensi Bisnis dan Peluang Bisnis
Potensi merupakan sebuah kemampuan yang dapat didapat berdasarkan kemampuan internal kita dalam melakukan bisnis yang apik. Potensi harus kita ketahui guna mendukung apa yang hendak kita jalankan dari sebuah bisnis. Potensi ialah kemampuan internal dari pebisnis tersebut. Kemampuan yang pertama yaitu jiwa sang pebisnis, sudah mempunyai jiwa seorang pebisnis atau belum. Jiwa pebisnis harus tidak takut mengambil resiko dan bahaya, termasuk resiko bangkrut dan rugi. Yang kedua ialah tentang modal. Kita tak dapat memungkiri semakin besar modal yang dipunyai oleh seseorang maka semakin besar pula peluang untuk melaksanakan sebuah bisnis. Namun, modal bukan hal paling utama karena hal yang lebih utama adalah keinginan untuk berkomitmen dan belajar konsisten dalam menjalankan bisnis.

Sedangkan mengenai peluang bisnis, selain mengandalkan potensi bisnis kita juga harus tahu tentang peluang bisnis dan menganalisanya dengan sangat baik. Definisi dari peluang bisnis baru bisa diketahui setelah kita melakukan analisa menyeluruh tentang bisnis tersebut. Peluang bisnis juga umumnya datang ketika seseorang memiliki niat untuk mengawali suatu bisnis meskipun dengan modal apa adanya.

Nah, setelah memahami pengertian dari bisnis, potensi dan peluang bisnis, maka sudah saatnya untuk membahas ide bisnis yang memiliki masa depan cerah. Sebenarnya ada banyak ide bisnis yang memiliki prospek cerah bila dilakukan di Indonesia, terutama bisnis kuliner.

Kalau melihat pasar di Indonesia, tentu ada banyak peluang usaha makanan yang bisa dijalankan oleh calon pebisnis yang menyukai bisnis kuliner. Masyarakat Indonesia terkenal konsumtif dibandingkan negara-negara lain, termasuk dalam hal makanan. Indonesia juga terkenal dengan jenis makanannya yang beragam dari berbagai daerah, mulai dari makanan utama hingga makanan ringan. Harganya juga bervariasi mulai dari yang murah, hingga yang mahal.

Baca juga  Tips Sukses Berbisnis Steak Ayam
Jika tertarik mencoba bisnis di bidang kuliner Indonesia, maka salah satu usaha makanan yang harus anda coba ialah bisnis mie telur.

Kebanyakan orang Indonesia pasti sangat familiar dengan kuliner satu ini. Kuliner ini memiliki rasa yang sangat nikmat dan sangat mudah ditemukan dimanapun. Kuliner ini memiliki banyak sekali penikmat, baik laki-laki, perempuan, anak-anak, remaja, dewasa, sampai orang yang sudah tua.

Mengapa Bisnis Mie Telur?
Indonesia merupakan negara dengan tingkat konsumsi mie tertinggi nomor 2 di dunia setelah Tiongkok. Bahkan sekarang mie sudah menjadi makanan utama kedua sesudah nasi. Banyak olahan kuliner dengan bahan dasar mie yang dijadikan sebagai ladang bisnis, salah satunya adalah mie telur.

Kesempatan usaha mie telur sangat bagus dan memberikan banyak keuntungan serta target pasarnya pun luas. Bisnis mie telur merupakan bisnis yang tidak akan mati karena penggemar makanan ini sangat banyak dan tersebar dimana-mana. Walaupun telah banyak yang menjual mie telur, tapi penikmat mie telur tidak akan pernah berkurang bahkan semakin bertambah.

Usaha mie telur ini memiliki kemungkinan yang bagus untuk jangka waktu lama, bahkan bisnis mie telur ini telah melahirkan banyak orang sukses.

Dengan semua kelebihan usaha mie telur, maka tidak aneh jika banyak pelaku bisnis baru yang berkeinginan untuk memulai bisnis mie telur ini. Tetapi sebelum memulai bisnis ini, ada beberapa hal yang mesti diperhatikan.

Beberapa Hal yang Harus Diperhatikan Dalam Melakukan Usaha Mie Telur

1. Modal Awal Usaha
Kekurangan modal awal usaha merupakan masalah yang sering mucul ketika hendak memulai sebuah usaha. Ada banyak cara untuk menutupi kekurangan modal awal usaha, misalnya dengan mencari rekan kerja yang bisa diajak bekerja sama, mencari pinjaman ke koperasi atau bank melalui penyaluran kredit usaha rakyat (KUR) untuk pelaku usaha kecil menengah (UKM).

2. Lokasi Bisnis
Pilihlah lokasi bisnis yang banyak pengunjungnya atau lokasi yang dilewati banyak orang. Ketika memilih lokasi bisnis juga penting untuk memperhitungkan modal yang nantinya akan dikeluarkan. Contoh tempat usaha kuliner yang strategis semisal di sekitar sekolah atau kampus, kawasan perkantoran, wilayah pasar, mal, permukiman dan tempat wisata.

Sumber : https://ramesia.com/bisnis-mie-telur/

Cara Membuat Siomay Fiesta

Sejarah Siomay
Siomai atau somay merupakan satu diantara ragam kudapan. Pada istilah Mandarin, makanan ini disebut shaomai, sedangkan dalam kamus Kanton disebut siu maai. Dalam bahasa Beijing, makanan ini juga ditulis sebagai 燒麥, dan juga dibaca shaomai. Pembungkus siomai biasanya dibuat dari bahan dasar yang mirip dengan kulit pangsit. Jajanan ini konon lahir di kawasan Mongolia Dalam.

Siomay khas Indonesia
Siomay ialah model kudapan yang memiliki rasa yang unik serta memiliki tekstur empuk dan kenyal. Siomay yang familiar di Indonesia merupakan salah satu jenis jajanan yang lahir di tanah pasundan dan lebih tepatnya berasal dari kota Kembang hingga sering disebut dengan somay Bandung.

Makanan khas kota Bandung ini umumnya terbuat dari bahan baku daging ikan tenggiri dan beragam jenis ikan yang lainnya. Akan tetapi, untuk somay yang akan kami buat pada kesempatan ini adalah siomay yang berbahan dasar daging ayam yang dibalut dengan gubis sehingga acap kali dinamakan dengan somay fiesta. Somay fiesta memiliki cita rasa yang tidak kalah enaknya dengan somay ikan.

Untuk tiap proses pembuatan dan teknik menghidangkannya pun mirip seperti somay ikan, yakni dihidangkan dengan guyuran sambal kacang yang gurih dan dilengkapi dengan kucuran air jeruk secukupnya.

Semua orang bisa membuat makanan lezat yang satu ini termasuk Anda. Somay fiezta dapat disajikan sebagai sajian keluarga tetapi dapat mengganjal perut yang sedang keroncongan.

Untuk menghasilkan siomay yang enak cek terlebih dulu bahan yang Anda manfaatkan adalah bahan yang benar-benar fresh dan bersertifikat halal.

Dengan memelihara kesegaran bahan yang kita gunakan, semoga saja kita bisa memperoleh berkah dari Tuhan YME.

Cara Membuat Siomay Fiesta
Bahan-Bahan:
Daging ayam fresh yang giling 450 gr
Bawang putih yang sudah goreng kurang lebih 2 sdm
Tepung terigu sebanyak 125 gram
1 batang daun bawang selanjutnya potong tipis
Minyak goreng seperlunya
1 butir Telur ayam
Bahan Bumbu yang digiling:
2 siung bawang putih
Penyedap rasa 1 sdm
1 sdt garam
Merica bubuk 1/2 sendok teh
Gula pasir 1 sdt
Baca juga  Ingin Keuntungan Melimpah Dengan Cara yang Mudah? Coba Yuk Usaha Snack Anak
Bumbu untuk saos kacang:
Kacang tanah yang sudah goreng 250 gram
Kemiri 3 butir
Daun jeruk 2 lmbr
Bawang putih 2 siung
Air panas se perlu nya
Cabe merah besar 3 buah
Cabe rawit merah 10 biji
Gula pasir 1 sdm
Garam 1 sendok teh
Royko 1/2 sdt
Bawang merah 3 butir
Cara Membuat Siomay Fiesta:
Siapkan minyak lalu tumis bumbu yang telah digiling sampai harum, angkat.
Aduk semua bahan dasar menjadi satu selain tepung dan telur
Giling bahan yang di aduk dengan food processor hingga tercampur merata, pindahkan adonan ke dalam tempat lain.
Campurkan tepung dan telur dengan bahan yang sudah diaduk.
Aduk dengan tangan sampai menjadi adonan somay yang pas.
Ambil adonan somay secukupnya dan masukkan ke gubis kemudian kukus sampai matang.
Sambil mendiamkan bahan siomay dikukus kita lanjutkan dengan membuat saosnya dengan cara mencampurkan seluruh bahan saos.
Giling bahan saos yang telah dicampur kemudian diamkan sejenak.
Tumis bumbu saos hingga matang, Angkat selanjutnya diamkan hingga dingin.
Angkat somay yang telah dikukus dan sajikan di atas mangkok saji.

Comments

Popular posts from this blog

Cara Membuat Jus Buah untuk Bayi 4 Bulan

Rahasia Peluang Usaha Grosir Minuman Kemasan yang Menjanjikan

Gurihnya Potensi Usaha Kecil Sosis Goreng Modal Minim