Resep Membuat Crepes Leker Lezat

Macam-macam Kue Crepes Leker
Sejak awal kemunculannya sampai saat ini, crepes dapat dikategorikan menjadi 2 jenis yang berbeda. Jenis yang pertama yaitu crepes manis (crepe sucree). Sesuai dengan namanya, kue ini memakai tambahan bahan-bahan yang memiliki rasa manis.

Adapun bahan tambahan yang biasa digunakan sebagai tambahan pada crepes manis adalah sirup, gula, selai, pisang, coklat, potongan buah, es krim, dan masih banyak lagi. Lantaran rasanya manis, crepes jenis ini sangat diminati oleh anak-anak.

Sedangkan untuk jenis crepes kedua ialah crepes gurih/asin atau sering disebut crepe salee. Sesuai dengan namanya, kue crepes ini mempunyai rasa yang tergolong lebih asin atau gurih. Rasa gurihnya bersumber dari bahan-bahan seperti keju, jamur, bayam, telur dan masih banyak lagi.

Kue Cepres manis biasanya disajikan sebagai hidangan penutup atau pencuci mulut (dessert), sedangkan untuk kue crepes asin sebagai hidangan pembuka. Kue Crepes manis sendiri seringnya dibuat dengan bahan baku tepung gandum, sedangkan crepes asin menggunakan tepung buckwheat.

Sebagai salah satu penganan yang begitu populer dan digemari oleh berbagai kalangan baik tua maupun muda, tidak heran bila kita dapat menjumpai penjual kue crepes di berbagai sudut kota. Namun, Anda tak perlu membeli kue ini jika cuma untuk dapat menikmati renyahnya kue crepes.
Anda dapat membuatnya sendiri di rumah Anda dengan mengikuti tutorial cara membuat crepes yang kami sajikan dibawah ini. Bahan-bahan yang dibutuhkan sangat mudah diperoleh dan alat-alat yang dipergunakan juga pastinya sudah ada di rumah Anda.

Baca juga  Cara Mudah Membuka Usaha Makanan Beku di Surabaya
Bahan-bahan Untuk Membuat Crepes Leker
100 gr tepung gandum berprotein sedang
150 ml susu cair. Anda bisa mempergunakan susu sapi cair atau bisa juga memakai susu bubuk yang telah Anda cairkan, sesuaikan dengan kebutuhan dan ketersediaan bahan-bahan yang ada di dapur Anda.
1 btr telur.
Margarin secukupnya (kira-kira satu sendok makan saja). Margarin yang ada dilelehkan terlebih dahulu lalu disisihkan.
1/2 sendok teh baking powder.
Bahan Isi Crepes Leker
Bahan yang dipergunakan untuk membuat kue crepes leker dapat disesuaikan dengan selera Anda misalnya saja buah pisang yang sudah dipotong kecil-kecil, choco chip, meses, susu, selai coklat, keju atau bahan-bahan lain yang bisa dipergunakan untuk isian secara terpisah atau dicampurkan untuk mendapatkan rasa yang lebih lezat.

Cara Membuat Crepes Leker
Kocok susu dan telur yang ada dengan menggunakan whisker hingga campurannya rata dan berbusa.
Usahakan untuk mengocok hingga adonannya berbusa untuk membuat adonan crepes tetap kenyal.
Masukkan tepung gandum sedikit demi sedikit. Sebaiknya Anda menuangkan tepung gandum sembari diayak agar tepungnya jatuh secara rata dan membuat proses pengadonan menjadi lebih mudah. Aduk terus sampai rata.
Masukkan baking powder ke dalam adonan tadi lalu aduk lagi sampai merata.
Masukkan mentega yang telah dicairkan sebelumnya, aduk lagi sampai merata.
Persiapkan periuk yang akan digunakan sebagai alat membuat crepes. Anda bisa mempergunakan wajan martabak atau wajan anti lengket yang telah tersedia. Panaskan wajan tersebut terlebih dahulu.
Setelah wajannya panas, angkat dulu dari perapian, lalu tuangkan 1 sendok sayur adonan kue crepes, putar wajan sampai adonannya merata dan tipis.
Setelah itu taruh lagi wajan di atas kompor. Ingatlah untuk memasak crepes dengan menggunakan api kecil agar adonan kue crepes matang sempurna.
Sementara adonan masih dipanaskan, taruh bahan isian di atasnya misalnya irisan buah pisang kemudian diberi meses dan keju parut.
Sesudah itu lipat crepes menjadi dua bagian, kemudian dilipat sekali lagi sampai membentuk segi tiga.
Angkat dan sajikan.

Sumber : https://ramesia.com/resep-membuat-crepes-leker/

Cara Membuat Gulali Tradidional


Permen gulali merupakan salah satu jajanan tradisional khas Indonesia yang cukup populer pada masanya. Ketika belum banyak permen atau lollipop kemasan seperti sekarang ini, anak-anak kecil lebih menyukai membeli gulali yang dijual oleh pedagang keliling.

Gulali sendiri terdiri dari banyak jenis. Jenis yang paling populer dan mungkin paling tradisional adalah gulali yang terbuat dari gula jawa. Gulali jenis ini memiliki warna coklat kehitaman dan biasanya ditusuk dengan potongan batang kayu. Gulali dari gula jawa ini juga biasanya dicampurkan dengan kacang tanah.

Jenis gulali yang kedua adalah gulali yang dibuat dari gula pasir. Gulali jenis ini lebih berwarna karena para pedagang biasanya memberikan pewarna makanan sehingga membuatnya lebih menarik.

Gulali ini juga dapat dibentuk menjadi binatang sehingga anak-anak kecil semakin menyukainya. Bahkan, gulali ini kadang juga bisa ditiup sehingga menghasilkan siulan seperti peluit.

Gulali yang selanjutnya dibuat dengan menggunakan campuran tepung. Para penjual gulali ini biasanya menarik-narik adonan gulali ini sedemikian rupa sehingga berbentuk seperti mi atau seperti benang sutra.

banyak orang menyebut gulali ini dengan sebutan rambut nenek karena bentuknya yang kusut dan acak-acakan seperti rambut seorang nenek-nenek.

Jenis gulali yang terakhir dibuat menggunakan sebuah mesin khusus yang berputar dan menghasilkan serat-serat gula yang halus. Jika serat-serat tersebut dikumpulkan, maka akan terlihat seperti sebuah kapas. Di Indonesia, gulali jenis ini lebih terkenal dengan sebutan arum manis.

Kini, seiring dengan perkembangan zaman, berbagai jenis gulali di atas sudah sulit ditemukan. Namun jika Anda ingin bernostalgia dengan aneka jenis gulali tersebut, maka Anda dapat membuatnya sendiri di rumah dengan langkah-langkah yang mudah.

Jenis Gulali
Permen Gulali Gula Jawa
Jenis gulali yang paling tradisional adalah gulali yang dibuat dari gula jawa atau gula merah. Konon, gulali jenis ini adalah cikal bakal dari kemunculan berbagai macam gulali yang sering kita temui saat ini.

Gulali ini memiliki warna coklat kehitaman dan biasanya ditusuk menggunakan potongan batang kayu. Gulali dari gula jawa ini biasanya dicampurkan dengan kacang tanah.

Permen Gulali gula Pasir
Gulali jenis ini lebih berwarna karena para penjualnya biasa menambahkan pewarna makanan atau pasta makanan sehingga membuatnya lebih menarik ketika dibentuk.

Gulali ini juga dapat dibentuk menjadi aneka kreasi hewan, seperti ayam, burung, mainan, pesawat, mobil-mobilan, dll., sehingga anak-anak semakin menyukai gulali ini.

Bahkan, gulali jenis ini kadang bisa ditiup untuk menghasilkan suara siulan layaknya suara peluit tukang parkir atau satpam.

Permen Gulali Rambut Nenek
Gulali ini dibuat dari gula pasir yang dicampur dengan tepung. Para penjual biasanya menarik-narik adonan gulali jenis ini sedemikian rupa sampai gulali ini berbentuk mirip seperti mie atau benang sutra.

Baca juga  Roti Merupakan Bisnis untuk UKM yang Berpotensi
Kebanyakan orang menyebut gulali jenis ini dengan istilah rambut nenek karena bentuknya yang terlihat kusut dan acak-acakan mirip seperti rambut seorang nenek-nenek, sehingga banyak yang menyebutnya dengan nama Gulali Rambut Nenek.

Konon katanya, orang-orang Cina sering menyebut gulali ini dengan sebutan jenggot seekor naga.

Permen Gulali Arum Manis
Jenis gulali yang terakhir ini dibuat dengan menggunakan sebuah mesin khusus yang berputar dan menghasilkan serat-serat gula halus, nama mesin ini adalah Cotton Candy Machine.

Mesin Cotton Candy ini bisa Anda pesan juga di Ramesia Mesin. Jika serat-serat tersebut dikumpulkan, maka akan tampak seperti kapas oleh karena itu gulali jenis ini sering disebut permen kapas (Cotton Candy).

Di Indonesia, gulali jenis ini lebih populer dengan sebutan arum manis.
Resep Cara Membuat Gulali

Resep Permen Gulali Gula Jawa
Bahan

· 500 gr gula jawa atau gula merah yang sudah dihaluskan
· 125 ml air atau secukupnya
· Kacang tanah potong kecil-kecil
· Tusukan sate
Cara Membuat

1. Masukkan gula merah atau gula jawa dan air ke dalam wajan lalu aduk hingga gula tercampur dengan merata. Nyalakan kompor dengan api sedang lalu letakan wajan di atasnya.
2. Aduk-aduk terus adonan tersebut hingga mendidih. Selalunjutnya masukan potongan kacang tanah lalu aduk-aduk kembali hingga merata. Jika airnya sudah sedikit berkurang, silahkan angkat wajan tersebut lalu diamkan hingga adonan tampak mulai mengental.
3. Jika adonan sudah mengental, silakan celupkan tusuk sate ke dalamnya lalu ambil gulalinya. Selamat menikmati gulali tradisonal ini. Jika ingin disimpan dalam waktu yang lama, Anda bisa membungkus gulali yang sudah ditusuk tersebut menggunakan plastik lalu masukkan ke dalam toples tertutup.

Resep Permen Gulali Gula Pasir
Bahan

· 1 kg gula pasir
· 1 sdm asam citrun
· 1 sdm pasta pandan atau pasta strawberry
· 1 sdm asam citrun
· 100 ml air matang atau ¾ gelas ukuran

Alat-alat

· 1 centong kayu untuk mengaduk gulali
· 1 sendok makan
· 1 wajan besar
Cara Membuat

1. Masukkan gula pasir, kemudian masukkan semua bahan yang telah disiapkan sebelumnya kedalam wajan. Aduk sampai merata menggunakan centong kayu ke kiri dan ke kanan dengan sabar jangan sampai berhenti sampai 10-12 menit gulali matang.
2. Matikan kompor tetap pelan-pelan diaduk.
3. Setelah itu menunggu proses pendinginan sampai 15 menit. Sampai mendapatkan tekstur yang diinginkan.
4. Masukkan kedalam stoples. Dinginkan sampai 2 jam.
5. Gulali siap dibentuk sesuai kreativitas.

Baca juga  Cara Ijin Usaha Repacking
Resep Permen Gulali Rambut Nenek
Bahan

· 500 gr gula pasir
· 125 ml air atau secukupnya
· Pewarna makanan sesuai warna yang diinginkan
· Minyak goreng secukupnya
· Tepung terigu
Cara Membuat

1. Tuangkan minyak goreng ke dalam wajan lalu panaskan di atas kompor. Masukkan tepung terigunya kemudian aduk-aduk hingga baunya harum dan berwarna sedikit kecoklatan.
2. Selanjutnya tuang tepung terigu yang sudah disangrai tersebut ke atas wadah yang lebar seperti loyang untuk membuat kue. Taburkan secara merata dan diamkan sampai panasnya menghilang. Sambil menunggu dingin, silakan membuat adonan gulalinya.
3. Sama seperti di atas, yakni campurkan gula pasir, air, dan pewarna ke dalam wajan. Setelah itu panaskan menggunakan api sedang sambil terus diaduk-aduk sampai mendidih. Angkat wajan tersebut lalu diamkan sebentar hingga adonan mulai mengental.
4. Lalu tuangkan adonan tersebut ke atas tepung terigu. Sekarang silakan tarik-tarik adonan tersebut hingga berbentuk menjadi seperti rambut nenek. Awalnya mungkin akan terasa sulit namun jika sering melatihnya maka Anda akan dapat membentuknya dalam waktu yang cepat.

Resep Permen Gulali Arum Manis
Bahan

· 1 kg gula pasir
· 1 sdm pasta pandan atau pasta strawberry
· 1 sdm asam citrun
· 100 ml air matang atau ¾ gelas sedang

Alat-alat

· Siapkan mesin Cotton Candy Machine untuk membuat gulali arum manis
· Stik kayu/cone stick untuk menggulung arum manis
Cara Membuat

1. Campurkan gula dengan pewarna makanan dan diaduk-aduk hingga rata.
2. Nyalakan mesin dan pemanas hingga mesin siap untuk digunakan.
3. Masukkan gula yang sudah diberi pewarna makanan ke dalam mesin, tunggu beberapa saat sampai keluar serabut gula halus dari mesin.
4. Gulung serabut gula halus dengan stik kayu. Gulung hingga ukuran yang sesuai keinginan.
5. Arum Manis sudah siap dinikmati (masukkan kedalam kemasan plastik jika ingin dijual).

Comments

Popular posts from this blog

Cara Membuat Jus Buah untuk Bayi 4 Bulan

Rahasia Peluang Usaha Grosir Minuman Kemasan yang Menjanjikan

Gurihnya Potensi Usaha Kecil Sosis Goreng Modal Minim